Cara Membuat Makalah Dengan Mudah

Makalah merupakan sebuah karya tulis ilmiah tentang sebuah topik tertentu yang mencakup sebuah ruang lingkup. Pada Umumnya makalah diberikan sebagai tugas untuk mahasiswa maupun seorang pelajar.  Makalah yang dikhususkan untuk mahasiswa terdapat karakteristik di dalamnya.Biasanya makalah untuk mahasiswa memiliki ruang lingkup pada kisaran mata kuliah yang bersangkutan. Makalah tersebut difungsikan untuk menunjukan kemampuan yang dimiliki mahasiswa dalam memahami paparan dari sumber yangdipergunakan serta memperlihatkan seberapa dalam kemampuan yang dimiliki mahasiswa untuk menyusun berbagai informasi. Dari sini dapat disimpulkan bahwa makalah bermanfaat untuk menilik kemampuan seorang siswa maupun mahasiswa mengenai cara membuat makalah yang yang dapat memberikan informasi seberapa dalamkah kemampuan yang mereka miliki.
Cara Membuat Makalah
Pada umumnya dalam cara membuat makalah, makalah tersusun dari kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, landasan teori, pembahasan, kesimpulan, serta yang terakhir adalah daftar pustaka.  Untuk memberikan gambaran mengenai struktur dari sebuah makalah:

1.       Kata pengantar: dalam kata pengantar berisi mengenai harapan – harapan dari seorang penulis makalah, ungkapan rasa syukur serta terima kasih untuk penulisan makalah tersebut.
2.       Daftar isi: dalam daftar isi berisi susunan atau rangkaian penjabaran yang ditulis dalam sebuah makalah. Daftar isi diurutkan sesuai halaman atau kronologis dari pembahasan makalah tersebut.
3.       Pendahuluan: dalam pendahuluan berisi latar belakang dari penulisan makalah tersebut, tujuan penulisan makalah, serta manfaat dari penulisan makalah tersebut. 
4.       Landasan teori: landasan teori adalah penjabaran kutipan yang mendasari penulisan sebuah makalah. 
5.       Pembahasan: dalam bab pembahasan berisi mengenai penjabaran dari makalah tersebut. Pokok masalah yang menjadi tujuan serta serta latar belakang dari penulisan sebuah makalah diuraikan dalam bab pembahasan. 
6.        Kesimpulan: kesimpulan adalah deskripsi atau ringkasan dari semua uraian pembahasan yang tertulis pada bab sebelumnya.Biasanya pada kesimpulan tertuang hasil akhir dari pembuatan sebuah makalah. 
7.       Daftar pustaka: daftar pustaka berisi referensi atau sumber–sumber terkait yang memberikan sumbangan pemikiran dari pembuatan sebuah makalah. Daftar pustaka dapat berasal dari berbagai sumber referensi seperti dari buku, internet, artikel, majalah atau koran, dan lain sebagainya.
 
Langkah–langkah atau cara membuat makalah agar lebih mudah dapat dilakukan sebagai berikut.  Yang pertama adalah menentukan tema atau topik dari makalah yang akan dibuat.  Penentuan tema atau topik akan mempermudah pengerjaan makalah karina penulis makalah sudah dapat memberikan gambaran seperti apa yang akan ia tuangkan untuk makalahnya. Dalam menentukan tema atau topik, penulis harus memikirkan spesifikasi khusus yang berkaitan dengan makalah yang akan penulis buat.  Namun berbeda apabila pembuatan makalah sudah ditentukan topiknya, maka akan mempermudah tugas penulis dalam penulisan makalahnya. Penulis dapat dengan mudah menentukan judul makalah yang berkaitan dengan topik yang diberikan.

Cara membuat makalah yang kedua adalah menentukan tujuan. Fungsi dari menentukan tujuan penulisan adalah untuk memberikan ulasan singkat kepada pembaca makalah mengebai tujuan dari makalah tersebut. Apakah makalah yang ditulis penulis memiliki tujuan untuk mendidik, mengajak seseorang untuk melakukan hal tertentu, menjelaskan sesuatu kepada pembaca, mendidik pembaca, maupun mengajak pembaca untuk mempercayai sesuatu yang tertulis dalam makalah. Namun apapun tujuan yang penulis tulis, haruslah singkron atau sesuai dengan topik yang digunakan.

Cara membuat makalah selanjutnya adalah melakukan evaluasi. Dalam melakukan evaluasi, coba pikirkan apakah topik yang dipilih telah sesuai dengan kriteria yang ada dalam pikiran. Apakah tujuan juga telah sesuai dengan topik yang dipilih. Evaluasi dapat membantu mengkoreksi dasar–dasar pembuatan makalah sehingga tidak terjadi kesalahan yang fatal untuk melanjutkan ke bab berikutnya. Sehingga apa yang akan ditulis pada makalah dapat sesuai dengan apa yang dipikirkan oleh penulis.

Cara membuat makalah selanjutnya adalah membuat susunan ide. Tulislah ide dalam bentuk susunan. Ini akan mempermudah penulis dalam menjabarkan topik–topik serta paparan dalam makalah yang akan ditulis. Cara yang terakhir adalah menuliskan isi atau penjabaran sebuah topik. Tulislah poin – poin pendukung topik serta perluas penjabara poin tersebut sehingga dapat menjadi suatu rangkaian pembahasan sebuah permasalahan atau latar belakang.

Demikian cara membuat makalah yang akan membantu penulis untuk menyalurkan pemikirannya dalam pembahasan sebuah latar belakang dari topik makalah yang akan dibuat. Menulis makalah tidaklah rumit, asal seorang penulis yakin bahwa ia mampu membuatnya serta memahami bagaimana yang semestinya penulis lakukan dalam pembuatan sebuah makalah.  Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.
Cara Membuat Makalah Dengan Mudah | SalahLangkah.com | 5