Rumus Luas Segitiga

Setelah Saya Posting Mengenai Rumus Pitagoras Sekarang Saya Akan Membahas Mengenai Rumus Luas Segitiga Semoga Bisa Membantu ,Jika anda pingin melacak luas segitiga intinya anda mesti tahu panjang alas serta tinggi segitiga tersebut. yang disebut dengan alas yaitu panjang sisi bawah segitiga bila segitiga tersebut ditegakkan dengan sudut siku 90 derajat. tinggi segitiga yaitu panjang sisi segi tegak lurus 90 derajat pada alas. dengan umum rumus luas segitiga yaitu 1/2 kali alas kali tinggi. untuk sebagian type segitiga lain maka rumus umum tersebut bisa dikembangkan selanjutnya.

I. RUMUS UMUM LUAS SEGITIGA

Segitiga Siku

dari segitiga siku-siku diatas maka yang disebut dengan sisi alas yaitu b, tinggi yaitu a serta sisi miring yaitu c. maka persamaan dari rumus segitiga diatas yaitu :

dik :
a = sisi tinggi
b = sisi alas
c = sisi miring

dit : l ( luas segitiga ) ?

maka,
l = 1/2 a b

ingat rumus luas segitiga diatas cuma berlaku bila segitiga memiliki sudut siku-siku ( 90 derajat ). cermati bentuk segitiga diatas serta cobalah amati persamaan rumusnya. bila anda jeli maka anda bisa menarik rangkuman bahwasanya utntuk melacak luas segitiga siku layaknya diatas sama halnya dengan melacak 1/2 luas dari empat persegi panjang. anggap saja panjang dari empat persegi panjang tersebut yaitu b serta lebar yaitu a, luas persegi panjang yaitu a kali b. dikarenakan segitiga tersebut yaitu mempunyai luas sebesar 1/2 kali dari luas persegi panjang maka didapatlah formula 1/2 kali alas kali tinggi.

II. RUMUS LUAS SEGITIGA SAMA KAKI

Segitiga Sama Kaki


untuk mencari luas segitiga sama kaki sesungguhnya kita menggunakan rumus yang sama juga dengan rumus luas untuk segitiga siku. cuma saja pada segitiga sama kaki tingginya bukan hanya di antara sisi segitiga namun yaitu garis sedang yang membelah ke-2 kaki segitiga serta tegak lurus pada alas. hingga segitiga tersebut layaknya terbelah serta mendapatkan dua buah segitiga siku. lantas bisa kita simpulkan bahwa rumus luas segitiga sama kaki yaitu alas kali tinggi. yang disebut dengan alas pada gambar diatas yaitu panjang ab. maka persamaan untuk rumus luas segitiga sama kaki tersebut diatas yaitu :

dik : segitiga sama kaki abc
alas = panjang ab = a
tinggi = panjang garis tegak = t

dit : l ( luas segitiga ) ?

maka,
l = a kali t

atau,

l = 2 kali ( 1/2 a kali t ), rumus ini didapat bila anda mencari luas di antara segitiga sama kaki yang dibelah. sesudah luas di antara segitiga didapat maka dikarenakan ada dua segitiga yang sama, anda tinggal mengalikan dengan 2.

untuk mencari tinggi segitiga sama kaki anda bisa menggunakan rumus pitagoras ( pythagoras ) yaitu :
panjang b kuadrat yaitu akar dari pengurangan c kuadrat dengan a kuadrat. di mana a : alas, b : tinggi serta c : sisi miring. rumus pitagoras ini juga cuma berlaku bila segitiga tersebut yaitu segitiga siku-siku.

III. RUMUS LUAS SEGITIGA SAMA SISI

Segitiga Sama Sisi


pada segitiga sama sisi sesungguhnya rumus yang dipakai yaitu sama juga dengan rumus pada segitiga sama kaki. yakni kita mencari tinggi terlebih dulu lantas baru dapat dicari luasnya. namun saat ini telah ada langkah'>cara-cara cepat yang ditemukan supaya sedikit menggunakan waktu mencari tinggi terlebih dulu. pada peluang ini saya tak lagi mengulas mengenai langkah cepat tersebut, langkah cepat untuk mencari luas segitiga sama sisi dapat anda pelajari pada bimbingan belajar-bimbingan belajar yang saat ini telah banyak di kota-kota besar.

dari gambar segitiga sama sisi diatas maka bisa ditentukan rumus luasnya yaitu :

dik :
s = sisi ketiga sisi segitiga
t = tinggi

dit : luas segitiga /

l = s kali tinggi

atau

Rumus Cepat Segitiga Sama Sisi






IV. RUMUS LUAS SEGITIGA SEMBARANG

Segitiga Sembarangan



untuk mencari luas segitiga sembarang maka telah barang pasti dapat tidak sama dengan rumus yang dipakai pada sebagian type segitiga pada mulanya. ini dikarenakan tak ada sudut siku pada ketiga sudut segitiga. hingga kita tidak bisa memastikan tingginya. namun rumus umum tersebut mungkin diaplikasikan dengan situasi spesifik. contohnya ada sebagian sisi serta sudut besarnya diketahui dan ditetapkan garis tinggi yang tegak lurus membentuk sudut siku.

supaya anda tidak menggunakan waktu saat mencari luas segitiga sembarang, maka anda dapat menggunakan rumus yang sudah ditemukan serta dibakukan oleh ahlinya serta rumus segitiga sembarang ini dimaksud teorama heron. tersebut persamaan dari teorama heron :

dik :
a, b, c = ketiga sisi segitiga

dit :
luas segitiga ?

maka,




untuk sebagian situasi yang lain untuk mencari luas segitiga anda dapat juga mengaplikasikan rumus trigonometri. namun mesti ada di antara atau lebih sudut yang besarnya diketahui. barangkali bila anda seorang yang maniak dengan matematika, anda dapat memastikan rumus luas segitiga anda sendiri yang barangkali menurut anda lebih mudah serta cepat.
Rumus Luas Segitiga | SalahLangkah.com | 5