Rumus Luas dan Keliling Belah Ketupat

Setelah Saya Membahas Mengenai Rumus Pitagoras dan Rumus Luas Segitiga Yuk Merapat Lagi Admin Share Rumus Luas dan Keliling Belah Ketupat
belah ketupat yaitu satu bangun datar yang terbentuk oleh empat buah segi yang sama panjang serta apabila ditarik garis diagonal dapat terbentuk 4 ( empat ) buah segitiga siku-siku yang sama. perbedaannya dengan bangun datar layang-layang yaitu terdapat pada panjang rusuk. pada belah ketupat mempunyai panjang sayang sama pada seluruh segi namun pada layang-layang tidak ( cuma sama panjang dengan rusuk pasangannya ).

bicara perihal belah ketupat lantas ingat lebaran nih. makan ketupat sayur dengan opor ayam, waduh maknyuss sekali. namun pada kajian saat ini saya tak lagi mengulas mengenai ketupat sayur yang biasa dimakan pada saat lebaran, tetapi belah ketupat pada pelajaran matematika.

rumus luas belah ketupat yang umumnya anda jumpai didalam pelajaran matematika yaitu seperti berikut :

rumus yang telah dibakukan yakni : l = 1/2 kali diagonal 1 kali diagonal 2
adapun rumus luas ini di bisa dari penerapan rumus luas segitiga yakni :
pertama-tam kita cobalah mengkalkulasi luas di antara segitiga ( yg berupa siku2 ).
luas segitiga = 1/2 kali alas kali tinggi
dikarenakan alas segitiga sama juga dengan panjang 1/2 diagonal 1 serta tinggi segitiga sama juga dengan 1/2 diagonal 2 maka, rumusnya jadi :
luas segitiga ( pada belah ketupat ) = 1/2 kali ( 1/2 diagonal 1 ) kali ( 1/2 diagonal 2 )
= 1/8 kali diagonal 1 kali diagonal 2
dikarenakan ada 4 buah segitiga yang sama maka,
luas belah ketupat = 4 kali 1/8 kali diagonal 1 kali diagonal 2
= 1/2 kali diagonal 1 kali diagonal 2
maka dapat dibuktikan bahwa rumus luas pada belah ketupat yaitu :

l = 1/2 kali d1 kali d2

info :
l = luas belah ketupat
d1 = diagonal 1
d2 = diagonal 2

butuh diingat bahwa meskipun belah ketupat memiliki 4 segi yang sama panjang, namun diagonal yang terbentuk mungkin memilki panjang yang tidak sama.

untuk rumus keliling belah ketupat yaitu seperti berikut :

k = 4 kali segi belah ketupat

atau,

keliling = penjumlahan dari ke-4 buah segi

yang tentu yang disebut dengan keliling itu yaitu panjangnya sisi sisi-sisi terluar, akan bangun datarnya berupa apa juga kententuannya sama.

dibawah ini yaitu di antara perumpamaan gambar belah ketupat.
GambarBelah Ketupat

bagaimana langkah kita mengkalkulasi panjang diagonal belah ketupat ?
cobalah cermati gambar belah ketupat yang ada diatas. a yaitu panjang segi dari belah ketupat ( keempatnya sama panjang ). bila anda cermati maka ada garis cross ( berupa sinyal makin ), itu yaitu pertemuan ke-2 garis diagonal, yakni garis diagonal yang horizontal serta diagonal yang vertikal. panjang diagonal dihitung dari titik sudut ke titik sudut setelah itu, lantas bukan hanya dihitung dari titik sedang.

dari info diatas bisa kita mengerti bahwa bentuk dari belah ketupat itu terbentuk dari empat buah segitiga siku-siku yang persis sama atau dua buah segitiga sama kaki. maka dari itu kita bisa melacak atau memastikan rumus-rumusnya melewati pengembangan rumus segitiga.

sekian dulu penjelasan saya perihal belah ketupat pada pelajaran matematika. meskipun saat ini anda tetap bingung, namun memperbanyak latihan, anda akan mengerti dengan sendirinya.

Rumus Luas dan Keliling Belah Ketupat | SalahLangkah.com | 5