Cara Membuat Donat Sederhana dan Empuk

Donat adalah salah satu makanan yang sangat terkenal di Indonesia, rasanya yang sangat nikmat dipadu dengan toping coklat dan lain sebagainya. Cara pembuatanya yang mudah pun menjadikan banyak orang yang membuat donat dan dijual kepada masyarakat luas, karena banyaknya orang yang membuat donat sehingga muncul berbagai macam jenis donat sekarang ini. Namun ada sebagian penjual donat yang berlaku curang dengan membuat donat yang bahan bakunya tidak sehat. 




Bagi bunda yang khawatir akan hal itu dan ingin membuatkan donat sehat bagi anak-anaknya kami akan memberikan tips cara membuat donat yang sederhana dan sehat. Berikut adalah caranya, selamat mencoba.

Bahan :

  1. 500 gram tepung terigu.
  2. 1/4 bungkus ragi instan.
  3. 50 gram gula pasir.
  4. 11 gram fermipan.
  5. 1 sdt garam
  6. 200 cc air
  7. 2 butir telur.
  8. 3 sendok susu bubuk atau susu kental
  9. 3 sdm mentega.

Cara membuat.

  1. Kocok telur dengan sendok sampai tercampur antara kuning dan putihnya.
  2. Masukkan gula pasir, susu, mentega, terigu dan mentega lalu aduk semuanya sampai rata.
  3. Campurkan air dan ragi didalam air dan masukkan semua adonan. Setelah tercampur uleni adonan hingga kalis dan diamkan didalam sebuah wadah tertutup dan tunggu hingga 20 menit hingga semua adonan mengembang secara rata.
  4. Jika adonan sudah mengembang, ambil satu sendok adonan lalu bentuk bulatan jangan lupa taburi tepung terigu agar tidak lengket. Lakukan hal yang sama untuk adonan lainnya jika sudah biarkan adonan 20 menit hingga lebih mengembang lagi.
  5. Siapkan minyak goreng panas, usahakan minyak yang dipakai bisa menggoreng adonan sampai tenggelam. Pastikan benar-benar minyak yang digunakan benar-benar panas agar hasil gorengan donat dapat sempurna. Jika sudah siap lubangi donat lalu masukkan kedalam minyak panas tadi goreng hingga matang.
  6. Jika sudah semuanya digoreng tunggu sampai donatnya dingin baru anda bisa menghiasnya dengan berbagai macam toping dan mesis ceres sesuai dengan selera anda. 
Itu tadi resep sederhana cara membuat donat agar kita yakin donat yang kita berikan ke keluarga higenis. Selamat mencoba bunda.
Cara Membuat Donat Sederhana dan Empuk | SalahLangkah.com | 5