Contoh Biografi Tokoh Besar

Asal kata biografi adalah bermula dari kata bios yang memiliki arti hidup serta graphien yang memiliki arti tulis. Biografi sendiri berasal dari bahasa Yunani. Kehidupan seseorang tidak terlepas dari biografinya.  Biografi adalah sebuah kisah kehidupan seseorang yang dijabarkan lebih detail dari sebuah data. Biasanya sebuah biografi tertuang dalam bentuk rangkaian kalimat yang menuturkan kisah hidup seseorang hingga bahkan ada pula contoh biografi yang penulisan biografinya hingga dibukukan.  Biografi menurut sisi izin penulisannya dapat terbagi menjadi Authorize biography yang penulisannya dilakukan sepengetahuan orang tersebut serta Unauthorize biography yang penulisannya dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang bersangkutan.

Biografi menceritakan kisah perjalanan hidup seseorang dari sejak orang tersebut masih kecil, tumbuh dewasa, bahkan hingga orang tersebut tutup usia.Biografi menjabarkan pula mengenai prestasi yang diraih seseorang, jasa–jasa orang tersebut dan lain sebagainya. Banyak kisah para tokoh–tokoh besar yang kehidupannya dituangkan dalam sebuah biografi. Contoh biografi seorang tokoh besar seperti biografi Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno maupun biografi Wakil Presiden pertama Indonesia Bung Hatta.

Contoh biografi Bung Hatta

Contoh Biografi
Bung Hatta yang lahir dengan nama Muhammad Athar adalah Wakil Presiden pertama Indonesia yang lahir pada 12 Agustus 1902 di Bukittinggi Sumatera Barat atau Fort de Kock. Bung Hatta adalah anak kedua dari pasangan Muhammad Djamil yang merupakan keturunan ulama serta Siti Saleha yang merupakan keturunan seorang pedagang. Namun ayah Bung Hatta meninggal saat beliau berumur tujuh bulan, sedangkan ibunya kemudian menikah lagi dengan Agus Haji Ning yang merupakan pedagang dari Palembang. Bung Hatta wafat pada pada tanggal 14 Maret 1980 di Jakarta pada umur 77 tahun dan dimakamkan di Tanah Kusir. Bung Hatta meninggalkan 3 anak perempuan yaitu Meutia Hatta, Gemala Hatta, serta Halida Hatta.

Bung Hatta adalah salah seorang proklamator bersama Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno untuk kemerdekaan Negara Indonesia. Bung Hatta merupakan salah satu pahlawan nasional yang telah ikut berjuang dalam merebut kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda.Dalam perjalanan hidupnya, beliau memulai pergerakan politiknya pada saat beliau mengenyam pendidikan di Belanda pada tahun 1921–1932. Beliau mengenyam pendidikan di Handels Hogeschool yang kini berubah nama menjadi Universitas Erasmus Rotterdam. Saat bersekolah disana, Bung Hatta bergabung dalam organisasi sosial Indische Vereniging yang berarti Perhimpunan Indonesia bersama Ki Hadjar Dewantara, Douwes Dekker serta Cipto Mangunkusumo.

Pada tanggal 25 September 1927 Bung Hatta ditahan oleh Belanda dengan tuduhan sebagai pengikut partai terlarang serta terlibat dalam pemberontakan PKI pada tahun 1926–1927 serta melakukan penentangan terhadap Belanda sehingga membuat Bung Hatta dihukum penjara selama tiga tahun. Setelah kembali ke Indonesia, pada tanggal 25 Februari 1934 Bung Hatta diasingkan ke Digul dan kemudian ke Banda Neira. Selama masa pengasingan Bung Hatta melakukan aktivitas bercocok tanam serta menulis koran. Pada Februari 1942, Bung Hatta dipindahkan ke Sukabumi oleh Belanda bersama orang buangan lainnya akibat Jepang yang menyerang Pearl Harbour pada tanggal 8 Desember 1941 sehingga manimbulkan perang pasifik yang mengakibatkan Jepang menguasai beberapa kawasan termasuk Indonesia. Hingga akhirnya dapat memproklamasikan kemerdekaan Indonesia bersama Bung Karno pada tanggal 17 Agustus 1945.

Untuk memberikan penghormatan atas jasa–jasanya terhadap Indonesia, maka Bandara Internasional Jakarta menggunakan namanya bersamaan dengan nama Presiden pertama RI Ir. Soekarno yaitu Bandar Udara Soekarno-Hatta. Taj hanya itu, nama Bung Hatta turut serta pula diabadiakn sebagai salah satu nama jalan di Haarlem yang merupakan kawasan pemukiman Zuidepolder. Nama salah satu jalan tersebut dikenal dengan nama Mohammed Hattastraat.

Contoh biografi diatas adalah sepenggal ulasan mengenai kisah perjalan hidup seorang Bung Hatta.  Kisah perjalanan hidup Bung Hatta yang merupakan seorang tokoh besar menggambarkan kisah perjuangan beliau dari beliu kecil, melewati rintangan untuk meraih kemerdekaan hingga beliau tutup usia.  Semua dapat tertuang dalam sebuah biografi. Masih banyak tokoh–tokoh lainnya yang dapat dijadikan sebuah biografi. Biografi dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi seseorang yang membacanya. Karena dalam biografi terkandung makna mengenai sebuah kehidupan.
Contoh Biografi Tokoh Besar | SalahLangkah.com | 5