Contoh Surat Pribadi Dan Cara Membuatnya

Surat pribadi adalah sebuah surat berisikan mengenai pesan pribadi yang dibuat oleh see\sorang untuk ditujukan kepada seseorang. Untuk membuat surat pribadi tidak ada batasannya atau aturannya dan bahasa yang digunakan bisa beragam. Bisa menggunakan bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Arab, dan bahasa lainnya. Surat pribadi sendiri umumnya adalah surat yang tidak formal. Ciri utama dari surat pribadi adalah tidak adanya kop surat dari suatu instansi. Selain itu jarang ditemui surat pribadi menggunakan kata Kepada untuk keterangan kepada siapa surat itu ditujukan. Terkecuali jika surat pribadi tersebut adalah surat pribadi yang formal. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat contoh surat pribadi.

Hal pertama dalam membuat contoh surat pribadi adalah alasan dari menulis surat pribadi tersebut. Apa yang ingin disampaikan dalam surat tersebut. Dengan menuliskan apa yang ingin disampaikan memungkinkan yang membaca memahami dengan baik pesan yang disampaikan pada surat tersebut. Lalu isi dari surat tersebut seakan-akan langsung diceritakan. Kalimat yang digunakan seolah-olah bahwa seperti berbicara langsung secara pribadi dengan orang yang dituju dalam surat.
Contoh Surat Pribadi
Intonasi pada tiap kalimat sesuai dengan untuk siapa surat tersebut ditujukan. Jika yang menerima adalah seorang temah, intonasi dapat sentimental dan mencerminkan bahwa ada kedekatan antara pengirim dan penerima surat tersebut. Jika surat pribadi dikirimkan kepada kenalan biasa, maka intonasi mungkin bisa sedikit lebih formal. Contoh surat pribadi juga memiliki kerangka atau format yang benar. Walaupun sifatnya pribadi dan semi formal, tetapi surat pribadi tetap menggunakan format yang benar. Contoh bagian surat pribadi yang pertama adalah tempat dan tanggal dibuatnya surat. Posisi format ini terletak di awal surat di sebelah pojok kanan atas. Contoh surat pribadi untuk bagian tempat dan tanggal surat adalah Semarang, 18 November 2013.

Bagian dari contoh surat pribadi yang kedua adalah alamat si penerima surat tersebut.  Contoh penulisan pada surat pribadi adalah Jl. Kenanga No 25 Jakarta. Lalu selanjutnya tulis salam pembuka surat. Gunakan huruf capital untuk huruf pertama di kata pertama dan akhiri dengan tanda koma. Contoh penulisannya pada surat pribadi untuk teman adala Salam Persahabatan,. Atau bisa juga dengan salam Assalmualaikum. Ada banyak contoh salam pembuka tetapi disesuaikan pula dengan jenis surat pribadinya. Ada yang surat pribadi untuk teman, keluarga, maupun untuk guru.

Setelah salam pembuka, selanjutnya adalah kalimat pembuka. Kalimat pembuka untuk contoh surat pribadi adalah menanyakan kabar.contoh kalimat pembuka kepada teman atau kerabat dekat adalah Apa kabar, salam kangen, dan lain sebagainya. Selanjutnya baru ke isi surat. Isi surat merupakan inti dari pesan yang ingin disampaikan. Isi surat biasanya terdiri beberapa paragraf yaitu paragraf pembuka, pargraf isi, dan terakhir paragraph penutup.

Selanjutnya pada contoh surat pribadi adalah kalimat penutup. Contoh kalimat penutup untuk surat pribadi adalah misalnya sampai ketemu, cukup sekian, terima kasih, dan masih banyak lainnya. lalu diakhiri dengan salam penutup.  Salam penutup bisa ditulis di sebelah kiri atau kanan. Urutkan sesuai dengan salam pembuka. Penulisannya juga sama seperti salam pembuka, diawali dengan huruf capital di kata pertama dan diakhiri dengan tanda baca koma. Contohnya adalah Wassalamualaikum wr wb, atau Salam hangat, dan lain sebagainya. Jangan lupa tulis nama pengirimnya. Letak nama pengirim di bawah salam penutup dan sejajar. Diawali dengan huruf kapital dan tidak diakhiri dengan tanda baca.

Surat pribadi yang selesai dibuat dimasukkan ke dalam amplop surat. Pada bagian depan amplop di temple perangko di pojok kanan atas. Dan pada bawahnya ditulis alamat yang dituju. Lalu pada bagian belakang ditulis alamat pengirim. Dalam penulisan surat maupun surat pribadi yang semiformal tetap menggunakan huruf besar dan tanda baca yang benar. Huruf besar digunakan pada tiap huruf pertama awal kalimat. Selain itu huruf kapital juga digunakna pada penulisan nama di tiap kata nama. Demikian contoh surat pribadi, semoga bermanfaat.
Contoh Surat Pribadi Dan Cara Membuatnya | SalahLangkah.com | 5